Sabtu, 07 November 2009

Tips Gambaran Umum Proyek Sistem Informasi Manajemen





PROYEK SIM KEUANGAN DAERAH TERINTEGRASI DAN ON LINE

1.       OUTCOME/HASIL
Merealisir suatu Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah Terpadu yang merupakan gabungan dari SIM APBD, SIM BARANG DAERAH (SIMBADA), SIM PENDAPATAN DAERAH (SIMPATDA), SIM KEPEGAWAIAN (SIMPEG), SIM PENGGAJIAN (SIMGAJI), SIM TU KEUANGAN (SIMTU) dan SIM AKUNTANSI yang didasarkan atas pekerjaan ‘Total Solution’, dalam arti SIM Pemerintahan yang dirancang dan dibangun meliputi seluruh aspek Teknologi Informasi, menghasilkan suatu Sistem Informasi Manajemen yang utuh, baik dari Sistem Jaringan Komunikasi, Konfigurasi Perangkat Keras (H/W), Sistem Operasi dan Sistem Informasi Manajemen (S/W), Pengembangan SDM dan Pemeliharannya.


2.       OBJECTIVES / TUJUAN
Terbentuknya suatu Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah  yang terpadu, mempunyai Sistem Jaringan Komunikasi yang handal, Konfigurasi Perangkat Keras (H/W) yang mampu menangani seluruh SIM yang saling terintegrasi, mempunyai Sistem Operasi yang handal dan dapat dimengerti oleh SDM yang akan menjalankannya, mempunyai Sistem Informasi Manajemen sesuai kebutuhan baik bagi masing-masing Unit Kerja maupun bagi Pimpinan Pemerintahan, mempunyai SDM yang mampu mengoperasikan Sistem dan membina generasi berikutnya, serta dapat memelihara kelangsungan SIM-SIM yang ada, termasuk dalam pengembangan dan perubahan Sistem, akibat Peraturan Pemerintah (Pusat, Propinsi ataupun Kabupaten/Kota) yang berubah.

3.      SCOPE/BATASAN
Batasan Pekerjaan meliputi :

A.      SISTEM JARINGAN KOMUNIKASI

  1. Pembangunan 7 Jaringan Komunikasi Lokal (LAN-Local Area Network) bagi 7 SIM/ Unit Kerja.

  1. Pembangunan Jaringan Utama (Back Bone) untuk 7 SIM/Unit Kerja yang berada dalam kompleks Pemda Kabupaten/Kota dengan menggunakan Fiber Optic.

B. KONFIGURASI PERANGKAT KERAS (H/W)

  1. Pengadaan Perangkat Keras Utama berupa Server Induk yang berkapasitas besar, yang mampu menangani seluruh SIM dan Database di SIM Keuangan Daerah Terpadu.

  1. Pengadaan Computer Client yang secara Jaringan terhubung dengan Server Induk dalam LAN (Local Area Network); yang jumlahnya 3 unit. 

  1. Pengadaan Perangkat Keras Pendukung di Server Induk yang terdiri dari 1 unit Printer, 1 unit Scanner, dan 1 unit UPS

  1. Pengadaan Perangkat Keras berupa Server Lokal, untuk 7 SIM/Unit Kerja yang ada.

  1. Pengadaan Computer Client di 7 SIM/Unit Kerja, yang secara Jaringan terhubung dengan Server Lokal dalam LAN (Local Area Network); yang jumlahnya 3 unit untuk masing-masing Unit Kerja atau 21 unit Computer Client.

  1. Pengadaan Perangkat Keras Pendukung di 7 Server Lokal yang terdiri dari 7 unit Printer, 7 unit Scanner, dan 7 unit UPS.
 C.      SISTEM OPERASI DAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (S/W)

  1. Pengadaan Sistem Operasi, Database dan Bahasa Pemrograman  sebagai berikut :

      - Sistem Operasi Windows Server 2003 untuk Server Induk.
- Sistem Operasi Windows XP untuk Computer Client .

- Database SQL Server 2000 untuk Server Induk.

- Bahasa Pemrograman : Visual Basic untuk Program Aplikasi

  1. Pembangunan 7 Sistem Aplikasi di 7 Unit Kerja.

D.      PELATIHAN SDM DAN IMPLEMENTASI SISTEM

  1. Melakukan Pelatihan terhadap Personel Pelaksana Pengoperasian Sistem di 7 Unit Kerja secara serentak dan terpadu.

  1. Melakukan Implementasi di 7 Unit Kerja secara serentak dan terpadu.


E.  PEMELIHARAAN SISTEM

  1. Pembinaan terhadap SDM yang ada agar dapat melakukan pemeliharaan Sistem, baik pemeliharaan Sistem Jaringan, Perangkat Keras maupun Perangkat Lunak
  2. Dalam jangka panjang, terbentuknya SDM yang dapat secara mandiri memelihara Sistem yang ada, serta mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan.

4. APPROACH/PENDEKATAN 
Survey Lapangan : Melakukan survey lapangan untuk mengetahui jarak antar Server Induk ke server lokal, server ke Computer Client, jumlah data maksimum yang dapat ditampung untuk masing-masing SIM/Unit Kerja. Survey ini sangat penting untuk menentukan jenis Perangkat Komunikasi yang tepat, jumlah Perangkat Keras yang dibutuhkan, serta jumlah Tenaga Pelaksana di lapangan pada saat SIM Keuangan Daerah Terpadu diimplementasikan.

Analisa dan Desain Jaringan : Dari hasil survey dan anggaran yang tersedia serta ditinjau dari segi efisiensi dan efektivitas, maka ditentukan jenis jaringan komunikasi yang tepat untuk Sistem Keuangan Daerah Terpadu ini.

Instalasi Jaringan : Sesuai dengan hasil desain dan Surat Perjanjian Kerja yang dibuat, maka Jaringan akan diinstall sesuai dengan spesifikasi yang telah disepakati.

Uji Coba Jaringan : Melakukan uji coba jaringan, jika telah berhasil dengan data sample dilakukan dengan data yang sebenarnya. Jika terjadi kendala, masalah dianalisa untuk diadakan perbaikan jaringan. Diharapkan Uji Coba Jaringan ini dilakukan seteliti mungkin, sehingga tidak terjadi kegagalan Komunikasi Jaringan pada saat Sistem diimplementasikan.

5. CONSTRAIN/BATASAN HAMBATAN
Hambatan-Hambatan yang akan dihadapi dalam Pelaksanaan SIM Keuangan Terpadu diantaranya adalah sebagai berikut :

-    Penyamaan Kode Bidang dan Organisasi / Unit Kerja dan hirarkinya, terutama antara SIMPEG dan SIMBADA dengan SIM lainnya, mengingat Kepegawaian dan Bagian Aset Daerah mempunyai Kode Unit Kerja tersendiri (berdasarkan Perda dan Kepmen sendiri-sendiri).
-    Standarisasi Kode Rekening untuk ke 7 SIM tersebut di atas, terutama Kode Rekening untuk SIMBADA yang sampai ke Sub Rincian, sedang SIM yang lain hanya sampai Rincian.
-    Tenaga Operasional di bidang teknologi informasi yang kurang memadai.

Untuk mengatasi Hambatan-Hambatan di atas, dibutuhkan suatu pembahasan khusus, yang dihadiri oleh setiap komponen Unit Kerja yang terlibat, untuk menyatukan pendapat tentang Standarisasi Kode Unit Kerja dan Kode Rekening sebelum Sistem dibangun dan di implementasikan. Sedangkan kendala SDM dapat diatasi dengan penunjukan Pegawai Operasional yang mengerti tentang teknologi informasi dan training secara intensif agar SIM dapat dioperasikan dengan lancar.

6. OUTLINE BUSINESS/URAIAN BISNIS



Dari gambar terlihat keterkaitan Laporan antar Unit Kerja, yaitu :

  1. SIMBADA dapat menarik Laporan Rencana Belanja Modal dari SIMAPBD dan SPM Belanja Modal dari SIM TU Keuangan.
  2. SIMAPBD memberikan kontribusi Laporan Belanja Modal kepada SIMBADA, Laporan Rencana Pendapatan kepada SIMPAD, Laporan Anggaran Kas dan SKO Bupati/Walikota kepada SIM TU Keuangan.
  3. SIMPAD mendapat masukan Laporan Rencana Pendapatan dari SIMAPBD dan memberikan Laporan STS untuk dijadikan Jurnal Penerimaan Kas bagi SIM AKUNTANSI.
  4. SIMPEG memberikan Biodata Pegawai kepada SIMGAJI untuk dibuatkan SPM Gaji nya yang terkait dengan SIM TU Keuangan.
  5. SIM TU Keuangan mendapat masukan dari SIMAPBD berupa Anggaran Kas dan SKO, serta memberikan kontribusi Laporan SPM Belanja Modal kepada SIMBADA, Laporan SPM Gaji kepada SIMGAJI dan Laporan SPM yang merupakan Jurnal Pengeluaran Kas bagi SIM AKUNTANSI. 
1.       Input dan Output SIM Keuangan Daerah Terpadu

Input dan Output ke 7 Sistem yang terkait dalam SIM Keuangan Daerah Terpadu, di antaranya adalah sebagai berikutn :

  1. SIM ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (SIMAPBD)
Input   : RASK
               - Entry data Visi dan Misi (RASK S1)
-    Entry data Bidang dan Program (RASK S2)
-    Entry data Bidang, Program dan Kegiatan (RASK S2A)
-    Entry data Anggaran Pendapatan/Kegiatan (RASK S3A1)
-    Entry data Anggaran Belanja Langsung per Kegiatan (RASK S3B1.1)
-    Entry data Anggaran Belanja Tidak Langsung per Kegiatan (RASK S3B2.1)
-    Entry Data Anggaran Pembiayaan

DASK
-    Entry Anggaran Pendapatan per Kegiatan (DASK S3A1)
-    Entry Anggaran Belanja Langsung per Kegiatan (DASK S3B1.1)
-    Entry Anggaran Belanja Tidak Langsung per Kegiatann (DASK S3B2.1)

PERUBAHAN ANGGARAN
-    Entry data Perubahan Anggaran Pendapatan
-    Entry data Perubahan Anggaran Belanja Langsung
-    Entry data Perubahan Anggaran Belanja Tidak Langsung


Output : RASK
               -  Cetak Visi dan Misi (RASK S1)
-    Cetak Bidang dan Program (RASK S2)
-    Cetak Bidang, Program dan Kegiatan (RASK S2A)
-    Cetak Anggaran Pendapatan/Kegiatan (RASK S3A1)
-    Cetak Rekap Anggaran Pendapatan (RASK S3A)
-    Cetak Anggaran Belanja Langsung per kegiatan (RASK S3B1.1)
-    Cetak Rekap Anggaran Belanja Lansung (RASK S3B1)
-    Cetak Anggaran Belanja Tidak Langsung per kegiatan (RSAK S3B2.1)
-    Cetak Rekap Anggaran Belanja Tidak Langsung (RSAK S3B2)
-    Cetak Rekapitulasi Anggaran Belanja (RASK S3B)
-    Cetak Rincian Anggaran per Unit Kerja (RASK S3)
-    Cetak Ringkasan APBD
-    Cetak Rincian Anggaran per Unit Kerja
-    Cetak Daftar Rekapitulasi APBD
-    Cetak Penjabaran APBD


DASK
-    Cetak Anggaran Pendapatan per Kegiatan (DASK S3A1)
-    Cetak Anggaran Belanja Langsung per Kegiatan (DASK S3B1.1)
-    Cetak Anggaran Belanja Tidak Langsung per Kegiatan (DASK S3B2.1)

PERUBAHAN ANGGARAN
-    Cetak Ringkasan Perubahan APBD
-    Cetak Rincian Perubahan APBD
-    Cetak Daftar Rekapitulasi APBD per Unit Kerja
-    Cetak Penjabaran Perubahan APBD

  1. SIM BARANG DAERAH (SIMBADA)
Input   : KEGIATAN
               -  Entry data Pengadaan Barang
-    Entry data Pengajuan Penghapusan
-    Entry data Persetujuan Penghapusan
-    Entry data Mutasi Barang

INVENTARISASI

-    Entry data  KIB A Tanah
-    Entry data KIB B Bangunan
-    Entry data KIB C Kendaraan Bermotor
-    Entry data KIB D Barang Inventarisasi Lainnya
-    Entry data KIB yang dipisahkan

Output :
               -  Cetak Buku Inventaris
-    Cetak Kepemilikan Inventaris
-    Cetak Buku Induk KIB
-    Cetak Kartu Inventaris Barang
-    Cetak Rekapitulasi Inventarisasi
-    Cetak Laporan Penghapusan
-    Cetak Mutasi Inventarisasi
-    Cetak Laporan Data Kendaraan
-    Cetak Laporan KIB yang dipisahkan

  1. SIM KEPEGAWAIAN (SIMPEG)
Input   : IDENTITAS PEGAWAI
               -  Entry data Identitas Pegawai
-    Entry data Pengangkatan PTT
-    Entry data Pengangkatan CPNS
-    Entry data Pengangkatan PNS
-    Entry data Tempat Kerja
-    Entry data Pengalaman Kerja
-    Entry data SK Lainnya

RIWAYAT UMUM
-    Entry data Riwayat Kepangkatan
-    Entry data Riwayat Jabatan
-    Entry data Tanda Jasa
-    Entry data Penugasan Ke Luar Negeri
-    Entry data Penguasaan Bahasa
-    Entry data Riwayat Cuti
-    Entry data Riwayat Hukuman

RIWAYAT PENDIDIKAN
-    Entry data Pendidikan Formal
-    Entry data Diklat Struktural
-    Entry data Diklat Fungsional
-    Entry data Diklat Teknis
-    Entry data Penataran
-    Entry data Seminar
-    Entry data Pendidikan yang Dibutuhkan
-    Entry data Kursus Dalam/Luar Negeri

RIWAYAT KELUARGA
-    Entry data Riwayat Orang Tua
-    Entry data Riwayat Isteri/Suami
-    Entry data Riwayat Anak
-    Entry data KP4

RIWAYAT LAINNYA
-    Entry data Penilaian (DP3)
-    Entry data Mutasi Pegawai
-    Entry data Penyesuaian Gaji Pokok

Output : PRIBADI
               -  Cetak Biodata Pegawai
-    Cetak Penilaian Pegawai
-    Cetak DRP
-    Cetak KP4
-    Cetak Penyesuaian Gapok

PTT
-    Cetak Daftar PTT
-    Cetak Daftar PTT per Unor
CPNS
-    Cetak Daftar CPNS
-    Cetak Daftar CPNS > 2 Tahun
-    Cetak Daftar CPNS per Unor
-    Cetak Daftar CPNS per Unor > 2 Tahun
-    Cetak Daftar CPNS per Golongan
-    Cetak Daftar CPNS per Golongan per Unor

PNS
-    Cetak Daftar PNS
-    Cetak Daftar PNS per Unor
-    Cetak Daftar PNS Tanda Jasa
-    Cetak Daftar PNS Tugas Dalam/Luar Negeri
-    Cetak Daftar PNS Cuti
-    Cetak Daftar PNS Hukuman
-    Cetak Daftar PNS > 5 Tahun
-    Cetak Daftar PNS per Golongan
-    Cetak Daftar PNS per Golongan per Unor
-    Cetak Daftar PNS per Eselon
-    Cetak Daftar PNS per Eselon per Unor
-    Cetak Daftar PNS Struktural
-    Cetak Daftar PNS Fungsional
-    Cetak Daftar PNS Staff

PENDIDIKAN
-    Cetak Daftar Alumni Pendidikan
-    Cetak Daftar Alumni Diklat Struktural
-    Cetak Daftar Alumni Diklat Fungsional

PENSIUN
-    Cetak Daftar Pensiun Pegawai Struktural
-    Cetak Daftar Pensiun Pegawai Fungsional
-    Cetak Daftar Pensiun Pegawai Staff

MUTASI
-    Cetak Data Mutasi Pegawai
-    Cetak Riwayat Mutasi Pegawai
-    Cetak Rekap Mutasi per Eselon
-    Cetak Rekap Mutasi per Golongan

REKAPITULASI
-    Cetak Rekap Pegawai
-    Cetak Rekap Pegawai per Eselon
-    Cetak Rekap Pegawai per Golongan
-    Cetak Rekap Pegawai Fungsional
-    Cetak Rekap Pegawai Alumni Diklat Struktural
-    Cetak Rekap Pegawai per Tingkat Pendidikan
-    Cetak Rekap Pegawai Pensiun 3 Tahun Mendatang
-    Cetak Rekap Pegawai Tanda Jasa
-    Cetak Rekap Pegawai Hukuman Disiplin
-    Cetak Rekap KARPEG KARIS KARSU
-    Cetak Daftar Urut Kepangkatan (DUP)
-    Bezetting
  1. SIMGAJI
Input   :
               -  Entry data Gaji Pokok
-    Entry data Tunjangan Isteri
-    Entry data Tunjangan Anak
-    Entry data Tunjangan Struktural
-    Entry data  Tunjangan Fungsional
-    Entry data Tunjangan Beras
-    Entry data Tunjangan PP
-    Entry data PTKP, B. Jabatan, I.Pensiun
-    Entry data Tarif PPh
-    Entry data IWP/PFK
-    Entry data Potongan Taperum

Output :
               -  Cetak Daftar Pembayaran Gaji
-    Cetak Daftar Pembayaran Gaji per Unit Kerja
-    Cetak Kartu Gaji Perorangan
-    Cetak Kartu Gaji per Unit Kerja
-    Cetak Kartu Induk Gaji
-    Cetak Rekap Gaji PNS
-    Cetak Rekap Gaji PNS per Cabdin
-    Cetak Lampiran Daftar Rekap Gaji
-    Cetak Lampiran daftar Rekap Gaji per Cabdin
-    Cetak Daftar Rekap Taperum
-    Cetak Daftar Rekap Taperum per Cabdin
-    Cetak Rekap Gaji per Golongan
-    Cetak Rekap Gaji per Golongan per Cabdin
-    Cetak Rekap Hasil Iuran Wajib Pegawai
-    Cetak Rekap Hasil Iuran Wajib Pegawai per Cabdin
-    Cetak Surat Perintah Membayar (SPM) Gaji
-    Cetak Pembayaran Kekurangan Gaji
-    Cetak Rekap Kekurangan Gaji
-    Cetak Rekap Kekurangan Gaji per Cabdin
-    Cetak Daftar Gaji per Golongan
-    Cetak Daftar Gaji per Golongan per Cabdin
-    Cetak SSP
-    Cetak Uang Duka
-    Cetak Uang Duka per Cabdin
-    Cetak Gaji Terusan
-    Cetak Gaji Terusan per Cabdin

  1. SIMPATDA
Input   : PENDATAAN
               -  Entry Pendataan Obyek Pajak
-    Entry Pendataan Obyek Retribusi

POTENSI DAN PENETAPAN
-    Entry data Potensi dan Penetapan Pajak
-    Entry data Potensi dan Penetapan Retribusi

PENYETORAN DAN PEMBUKUAN
-    Entry data Penerimaan Setoran per Bidang via BKP
-    Entry data Penerimaan Setoran per Bidang via Kas Daerah
-    Entry data Penyetoran PAD ke Kas Daerah

BENDA BERHARGA
-    Entry Master Benda Berharga
-    Entry Master Supplier
-    Entry Master Unit Kerja Terpadu
-    Entry Persediaan Benda Berharga Gudang
-    Entry Persediaan Benda Berharga Gudang UKT
-    Entry Pengadaan Benda Berharga
-    Entry Tanda Terima Benda Berharga
-    Entry Berita Acara Penerimaan Benda Berharga
-    Entry Permintaan Benda Berharga UKT
-    Entry Berita Acara Pengeluaran Benda Berharga
-    Entry Tanda Terima Uang UKT
-    Entry Pemungutan dan Penyetoran UKT
-    Entry Rincian Penerimaan Uang UKT

Output : PENDATAAN
               -  Cetak Daftar Obyek/Subyek Pajak
-    Cetak Daftar Obyek/Subyek Retribusi

POTENSI DAN PENETAPAN
-    Cetak Potensi Pajak per Obyek Pajak
-    Cetak Potensi Retribusi per Obyek Retribusi

PENYETORAN DAN PEMBUKUAN
-    Cetak Buku Penerimaan per Dinas Penyetor per Rekening
-    Cetak Buku Penerimaan per Dinas Realisasi per Rekening
-    Cetak Buku Penerimaan per Rekening
-    Cetak Daftar Setoran Bank
-    Cetak Buku Kas Umum Daerah
-    Cetak Target dan Realisasi PAD per Bidang
-    Cetak Target dan Realisasi PAD per Bidang-Detail
-    Cetak Target dan Realisasi PAD per Bidang per Obyek
-    Cetak Target dan Realisasi Non PAD per Bidang
-    Cetak Target dan Realisasi Non PAD per Bidang-Detail
-    Cetak Target dan Realisasi Non PAD per Bidang per Obyek

BENDA BERHARGA
-    Cetak Daftar Persediaan Benda Berharga Gudang
-    Cetak Laporan Persediaan Benda Berharga Gudang
-    Cetak Kartu Persediaan Benda Berharga Gudang
-    Cetak Kartu Persediaan Benda Berharga Gudang per Jenis
-    Cetak Realisasi Penerimaan dan Penyediaan Benda Berharga
-    Cetak Persediaan Benda Berharga/Bukti Pungutan PAD
-    Cetak Laporan Persediaan Benda Berharga Gudang UKT
-    Cetak Laporan Realisasi Penerimaan & Penyediaan Benda Berharga UKT
-    Cetak Kartu Persediaan Benda Berharga per UKT
-    Cetak Daftar Pengadaan Benda Berharga
-    Cetak Buku Pengadaan Benda Berharga
-    Cetak Daftar Permintaan Benda Berharga UKT
-    Cetak Daftar BAP Pengeluaran Benda Berharga
-    Cetak Buku Permintaan Benda Berharga UKT
-    Cetak Buku Harian Koordinator Pemungut per Benda Berharga
-    Cetak Buku Harian Petugas Pemungut per UKT
-    Cetak Daftar Tanda Terima Uang UKT
-    Cetak Daftar Laporan Pemungutan dan Penyetoran UKT

  1. SIM TU
Input   : ANGGARAN KAS
               -  Entry Anggaran Kas Pendapatan
-    Entry Anggaran Kas Belanja Langsung
-    Entry Anggaran Kas Belanja Tidak Langsung

SKO
-    Entry SKO

SPM
-    Entry SPM BT/BS

SPJ
-    Entry SPJ BT/BS

STS
-    Tak ada Entry, Data diambil dari SIMPATDA

Output : ANGGARAN KAS
               -  Cetak Anggaran Kas Pendapatan
-    Cetak Anggaran Kas Belanja Langsung
-    Cetak Anggaran Kas Belanja Tidak Langsung

SKO
-    Cetak SKO BTL Gaji
-    Cetak SKO BTL Non Gaji Triwulan I
-    Cetak SKO BTL Non Gaji Triwulan II
-    Cetak SKO BTL Non Gaji Triwulan III
-    Cetak SKO BTL Non Gaji Triwulan IV
-    Cetak SKO BL
-    Cetak Lampiran SKO BTL Gaji
-    Cetak Lampiran SKO BTL Non Gaji Triwulan I
-    Cetak Lampiran SKO BTL Non Gaji Triwulan II
-    Cetak Lampiran SKO BTL Non Gaji Triwulan III
-    Cetak Lampiran SKO BTL Non Gaji Triwulan IV
-    Cetak Lampiran SKO BL
-    Cetak Register SKO BTL Gaji
-    Cetak Register SKO BTL Non Gaji Triwulan I
-    Cetak Register SKO BTL Non Gaji Triwulan II
-    Cetak Register SKO BTL Non Gaji Triwulan III
-    Cetak Register SKO BTL Non Gaji Triwulan IV
-    Cetak Register SKO BL
-    Cetak Buku Pengawasan SKO BTL Gaji
-    Cetak Buku Pengawasan SKO BTL Non Gaji
-    Cetak Buku Pengawasan SKO BL
SPM
-    Cetak SPM BT/BS
-    Cetak Register SPM BT/BS
-    Cetak Kartu Pengawasan SPM/Kode Rekening
-    Cetak Kartu Sub Pengawasan BL
-    Cetak Laporan Realisasi SPM

SPJ
-    Cetak SPJ BT/BS
-    Cetak Register SPJ BT/BS
-    Cetak Kartu Pengawasan SPM-SPJ per Kode Rekening
-    Cetak Laporan Realisasi SPJ

STS
-    Cetak Register STS
-    Cetak Kartu Pengawasan Pendapatan
-    Cetak Laporan Realisasi SPJ

  1. SIM AKUNTANSI
Input   : JURNAL
               -  Jurnal Penerimaan Kas (diambil dari STS SIMPATDA)
-    Jurnal Pengeluaran Kas (diambil dari SPM SIM TU)
-    Entry Jurnal Umum

NERACA
-    Entry Neraca Awal / Saldo Awal Rekening

PERDA PERHITUNGAN APBD
-    Entry Perda Perhitungan APBD

Proses   : POSTING
-    Proses dari Jurnal ke Buku Besar

Output : JURNAL
               -  Cetak Jurnal Penerimaan Kas
-    Cetak Jurnal Pengeluaran Kas
-    Cetak Jurnal Umum

BUKU BESAR PEMBANTU DAN BUKU BESAR
-    Cetak Buku Besar Penerimaan Kas
-    Cetak Buku Besar Belanja
-    Cetak Buku Besar Aktiva Tetap
-    Cetak Buku Besar Pembantu

LAPORAN AKHIR
-    Cetak Laporan Perhitungan APBD
-    Cetak Nota Perhtungan APBD : Laporan Triwulan dan Nota PerhitunganAPBD
-    Cetak Realisasi Pendapatan Daerah
-    Cetak Realisasi Belanja Daerah
-    Cetak Realisasi Pembiayaan Daerah
-    Cetak Rasio Keuangan Daerah
-    Cetak Laporan Aliran Kas
-    Cetak Neraca Daerah
PERDA PERHITUNGAN APBD
-    Cetak Ringkasan Perhitungan APBD

PENJABARAN PERHITUNGAN APBD
-    Cetak Ringkasan Penjabaran Perhitungan APBD

 7. REASON FOR SELECTING
Otonomi Daerah, memberikan kewenangan dan kewajiban yang besar kepada Pemerintahan Kabupaten/Kota. Menyadari hal tersebut, saat ini Pemerintahan di hampir semua Kabupaten/Kota mulai menyiapkan segala sarana dan prasarana dalam rangka menyongsong era Otonomi Daerah tersebut di atas.

Kinerja dan keberhasilan Pemerintahan Kabupaten/kota dalam melaksanakan Visi, Misi dan berbagai Fungsi Pembangunan, peningkatan kemandirian Pemerintahan Daerah serta menggali berbagai sumber daya alam maupun manusia dalam rangka kesejahteraan masyarakat dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, sangat dipengaruhi oleh arus informasi yang terjadi secara lintas organisasi, internal organisasi maupun eksternal organisasi Pemerintahan. Informasi yang tersedia secara tepat waktu, tepat tempat dan tepat guna merupakan hal yang mutlak diperlukan dalam rangka penyusunan kebijaksanaan, pembuatan keputusan dalam berbagai bidang yang merupakan tugas pokok pemerintahan.

Saat ini, hampir di setiap Kabupaten/Kota, telah mempunyai berbagai macam Sistem Informasi Manajemen (SIM), tetapi pola dasar pengembangannya tidak melalui Perencanaan Induk (Master Plan) yang dibuat secara menyeluruh dan terintegrasi. Kalaupun ada, Rencana Induk yang dibuat hanya secara garis besar, sehingga dalam tahapan pelaksanaan secara terinci, Sistem yang dibuat tidak terintegrasi dan berdiri sendir-sendiri.
Akibatnya Sistem yang sudah dibuat saat ini, baik Sistem Jaringan, Sistem Komunikasi, Sistem H/W dan S/W maupun Pembinaan SDM nya hanya bersifat sektoral, sedangkan Sistem yang menghasilkan Informasi antar sektoral yang sangat dibutuhkan dalam pengambilan kebijakan maupun keputusan masih dibuat secara manual dengan dukungan data yang terkadang kurang lengkap.


 8. Schedule timetable
Waktu dan Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan seperti Tabel berikut :
Kegiatan
Bulan
1 - 2
3 - 4
5 - 6
I. Pembangunan Sistem Jaringan :
1. Survey Lapangan
2. Layout dan Desain Jaringan
3. Instalasi Jaringan Utama (Backbone)
4. Instalasi Jaringan LAN
5. Test dan Perbaikan Jaringan


x
 x
  xx
   xxx
     xxx


II. Pengadaan Perangkat Keras (H/W)
1. Survey Lapangan
2. Layout dan Desain Penempatan H/W
3. Instalasi H/W
4. Test dan Perbaikan H/W


x
 x
  xxxx
    xxxx


III. Pembangunan Perangkat Lunak (S/W)
1. Instalasi Sistem Operasi Windows dan Linux
2. Instalasi Program VB, PHP dan VB.Net
3. Instalasi Database SQL Server dan MySQL
4. Survey Sistem dan Prosedur Manual
5. Pembangunan Rencana Induk (Master Plan)
6. Layout dan Desain Global Sistem
7. Desain Detail Sistem
8. Pemrograman VB
9. Pemrograman PHP dan VB.Net
10. Test Sistem dan Program
11. Perbaikan Sistem dan Program

        
            x
            x
            x
x
  xxxx
    xxxx
      xxxxxx
             








xxxx
xxxx
    xxxx
      xxxx

IV. TRAINING DAN IMPLEMENTASI
1. Pengumpulan Data Uji Coba
2. Training di setiap Unit Kerja secara serentak dan
    terpadu.
3. Implementasi Sistem
4. Perbaikan Sistem dan Program



           x
      
            xx




xxxx
   xxxx
V. PEMELIHARAAN
1. Dokumentasi Sistem
2. Training Security System




xxxx
   xx
VI. EVALUASI DAN PELAPORAN
1. Evaluasi Sistem
2. Pelaporan


        xxxx
             xx

        xxxx
            xx

       xxxx
            xx

9. Quality expectation 
B.      SISTEM JARINGAN KOMUNIKASI

1.       Terbentuknya seluruh Jaringan Komunikasi Lokal (LAN-Local Area Network) untuk setiap Unit Kerja yang terlibat (Bagian Perencanaan, Bagian Aset, Dinas Pendapatan Daerah, Bagian Keuangan atau Badan Pengelola Keuangan Daerah, dan Badan Kepegawaian Daerah) .

2.       Terbentuknya suatu Jaringan Utama (Back Bone) yang dibutuhkan untuk mengatasi kesibukan lalu lintas data, jika diinginkan keintegrasian Sistem.


C.      KONFIGURASI PERANGKAT KERAS (H/W)

1.        Tersedianya Perangkat Keras Utama berupa Server Induk yang berkapasitas besar, yang mampu menangani seluruh SIM dan Database di SIM Keuangan Terpadu.

2.        Tersedianya Perangkat Keras berupa Server Lokal, untuk setiap Unit Kerja (SIM) yang ada.

3.        Tersedianya Computer Client di masing-masing Unit Kerja, yang secara Jaringan terhubung dengan Server Lokal dalam LAN (Local Area Network); yang jumlahnya tergantung pada besarnya aktivitas masing-masing Unit Kerja.

4.        Tersedianya Perangkat Keras Pendukung, seperti Printer, Scanner, UPS dan Accessories lainnya sesuai dengan kebutuhan.

D.      SISTEM OPERASI DAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (S/W)

1.        Tersedianya Sistem Operasi yang mudah dipelajari, serta handal dan mempunyai tingkat Security yang tinggi.

2.        Terbentuknya SIM-SIM di setiap Unit Kerja yang memperhatikan keterpaduannya satu sama lain, sehingga di dalam pelaksanaan implementasinya, tidak terjadi duplikasi atau pengulangan data entry serta dapat menghasilkan Informasi bukan hanya bagi Internal Unit Kerja tapi juga Informasi antar Unit Kerja (Informasi antar Sektoral).


E. PENGEMBANGAN SDM

1.        Terbentuknya Organisasi Pelaksana Pengoperasian dan Pemeliharaan Sistem yang bukan hanya mengerti tentang pengoperasian Sistem, tapi juga tahu keterkaitan data yang di peliharanya dengan data unit kerja lain, sehingga terjadi keterpaduan dalam kerja dengan unit kerja yang terkait dalam Sistem.

2.        Dalam jangka panjang, terbentuknya SDM dalam berbagai bidang keahlian, seperti Programmer, System Analyst, Database Administrator, System Engineer dan sebagainya.

F. PEMELIHARAAN SISTEM

1.        Pembinaan terhadap SDM yang ada agar dapat melakukan pemeliharaan Sistem, baik pemeliharaan Sistem Jaringan, Perangkat Keras maupun Perangkat Lunak.

2.        Dalam jangka panjang, terbentuknya SDM yang dapat secara mandiri memelihara Sistem yang ada, serta mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan.

10. risk assessment/Penilaian Resiko
Saat ini, hampir di setiap Kabupaten/Kota, telah mempunyai berbagai macam Sistem Informasi Manajemen (SIM), tetapi pola dasar pengembangannya tidak melalui Perencanaan Induk (Master Plan) yang dibuat secara menyeluruh dan terintegrasi. Kalaupun ada, Rencana Induk yang dibuat hanya secara garis besar, sehingga dalam tahapan pelaksanaan tidak secara terinci, Sistem yang dibuat tidak terintegrasi dan berdiri sendir-sendiri.

Akibatnya Sistem yang sudah dibuat saat ini, baik Sistem Jaringan, Sistem Komunikasi, Sistem H/W dan S/W maupun Pembinaan SDM nya hanya bersifat sektoral, sedangkan Sistem yang menghasilkan Informasi antar sektoral yang sangat dibutuhkan dalam pengambilan kebijakan maupun keputusan masih dibuat secara manual dengan dukungan data yang terkadang kurang lengkap.  data tidak tersaji secara cepat, tidak akurat dan ini menimbulkan penyimpangan-penyimpangan dalam hal manipulasi data. 

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut