I. LATAR BELAKANG
Kebutuhan data dan informasi kesehatan semakin meningkat, masyarakat semakin peduli dengan situasi kesehatan dan hasil pembangunan kesehatan yang telah dilakukan pemerintah, terutama terhadap masalah-masalah kesehatan yang berhubungan langsung dengan kesehatan mereka, sebab kesehatan menyangkut hajat hidup masyarakat luas dan dan semua orang butuh untuk sehat, kepedulian masyarakat akan informasi kesehatan ini memberikan nilai positif bagi pembangunan kesehatan itu sendiri, untuk itu data dan informasi yang dibutuhkan masyarakat harus bisa disediakan dan dikemas secara baik, sederhana, informatif, dan tepat waktu.
SIMKES (Sistem Informasi Kesehatan) yang saya bangun adalah sebagai bentuk pelaporan kinerja bulanan dari kegiatan Puskesmas-puskesmas dan alat evaluasi tentang kinerja pembangunan kesehatan, selain itu juga dapat digunakan sebagai penyedia data dan informasi untuk perencanaan dan pengambilan keputusan untuk tahun berikutnya serta sebagai sarana penyedia indikator yang menunjukan tercapai/tidaknya "Kabupatan sehat" di suatu kabupaten.
Secara keseluruhan SIMKES merupakan gambaran keadaan kesehatan di suatu kabupaten yang meliputi kependudukan, tingkat pendidikan dan keadaan ekonomi penduduk, daya/informasi tentang pembangunan kesehatan daerah meliputi visi, misi, strategi dan program pembangunan kesehatan daerah serta pencapaiannya.
Data yang tersaji dalam SIMKES ini diharapkan dapat memenuhi ciri-ciri data yang baik yaitu data yang cepat, tepat dan akurat serta sesuai dengan kebutuhan, sebagaimana tuntutan informasidi era otonomi ini.
Pada SIMKES Ver 1.0 ini terdiri dari 21 laporan bulanan yang dapat disajikan dalam bentuk Hardcopy dan Softcopy yaitu:
No | Jenis Laporan |
1 | Lap. Pemakaian dan Permintaan Obat |
2 | Lap Data Penyakit Rawat Jalan Jalan |
3 | Lap. Data Penyakit Rawat Inap |
4 | Lap Bulanan Pencegahan Penyakit |
5 | Lap. Bulanan Program Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan Masyarakat |
6 | Lap Kegiatan Penanggulangan Bencana |
7 | Lap Kesehatan Gigi dan Mata |
8 | Lap Program Gizi |
9 | Lap Program Kesehatan Institusi dan Promosi |
10 | Lap Program Kesga dan KB |
11 | Lap Program Pengawasan Air dan Penyehatan Lingkungan |
12 | Lap Rekapitulasi Daftar Hadir Absensi Karyawan/Ti |
13 | Lap LBK Jml dan Jenis Tenaga Akper dan SPK Puskesmas |
14 | Lap LBK Jml dan Jenis Tenaga Bidan PNS/PTT Puskesmas |
15 | Lap Jumlah dan Jenis Tenaga Harlep / Sukwan Puskesmas |
16 | Lap Rekapitulasi Daftar Calon / PNS |
17 | Lap. Bulanan Data Kematian |
18 | Lap. Bulanan Program Penyehatan Lingkungan |
19 | Lap. Bulanan Keuangan Pendapatan Puskesmas |
20 | Lap. Bulanan Program Kesehatan Dasar dan Rujukan |
21 | Lap. Bulanan Kes. TTU dan Pengawasan Pestisida |
III. Konfigurasi Sistem yang dipergunakan
Konfigurasi perangkat keras yang dibutuhkan untuk memenuhi komputerisasi sistem Aplikasi Dinas Kesehatan dan Puskesmas adalah sebagai berikut;
- Perangkat Kerasa) Prosessor : minimal PIV disarankan lebih tinggib) RAM : minimal 512 Mb disarankan lebih tinggic) Harddisk : minimal 40 Gb (Optional) disarankan lebih tinggid) Monitor : SVGA (Opsional) disarankan lebih tinggi
- Perangkat Lunaka) Sistem Operasi : Win98, WinME, WIN2000,WINXP (Opsional)b) Program bantu : Microsoft Access, Microsoft Excel, Data Dynamic activeReport .
IV. Langkah–langkah instalasi Sistem Informasi Kesehatan/Puskesmas
Untuk menggunakan CD Sistem Aplikasi Dinas Kesehatan sangatlah mudah, setelah spesifikasi Hardware dan Software yang direkomendasikan sudah tersedia maka langkah selanjutnya adalah sebagai berikut ;
- Klik tombol Next jika ingin melanjutkan Cancel jika ingin membatalkan
- langkah selanjutnya setelah tahapan pertama selesai akan muncul gambar sebagai berikut :
- Tandai/Check kalimat I Understand and agree with the terms in the license agreement
Lalu klik tombol Next
Tahapan berikutnya adalah lokasi folder tujuan (Target ) aplikasi di tempatkan Klik next Jika lokasi folder seperti yang ditawarkan klik Browse jika ingin ditempatkan ke folder yang berbeda.
Agar supaya aplikasi bisa digunakan perlu di install juga software pendukung sebagai penghasil laporan yaitu software Data Dynamic active Report yang sudah tersedia pada CD Aplikasi.
V. Langkah–langkah instalasi Data Dynamic active Report
Agar sistem berjalan terutama pada tahap pelaporan, baik pelaporan ke modus layar/preview atau dalam bentuk kertas maka anda harus menginstall juga software Data Dynamic ActiveReport, cara-cara install sudah di posting sebelumnya silahkan klik disini.
VI. Menggunakan Sistem Aplikasi Dinas Kesehatan/Puskesmas
Setelah aplikasi terinstal dan file pendukung juga terinstall ke dalam komputer selanjutnya adalah bagaimana menggunakan sistem ini ;
Caranya adalah sebagai berikut :
klik ganda ikon Simkes Puskesmas seperti gambar diatas pada layar desktop
Selanjutnya muncul menu utama seperti pada gambar berikut :
Sebelum menggunakan modul – modul ini kita perlu menset Identitas Puskesmas dengan mengklik menu Setting
Selanjutnya untuk membahas cara-cara setting dan penggunaan SIM secara lengkap ada pada bagian posting berbeda silahkan klik tautan di bawah ini Menu Setting
manual sim e-governmen
Catatan :
Jika anda tertarik dengan CD aplikasi SIMKES ini silahkan mengisi kontak pada kolom sisi sebelah kanan
0 komentar:
Posting Komentar