Sabtu, 27 Maret 2010

Laporan Kerja dan Manajemen Basis Data untuk Sistem Informasi Akademik


Dengan memperhatikan keadaan nyata dari apa yang anda amati dan rasakan selama ini terhadap kegiatan STTI BENARIF sebagai sebuah lembaga dan apabila STTI BENARIF saat ini menerapkan sebuah sistem komputerisasi

Buatlah sebuah urian atau diskripsi dalam bentuk “Laporan Kerja” yang menjabarkan hasil pengamatan terhadap keadaan STTI BENARIF yang dikaitkan dengan bentuk Manajemen Administrasi Sistem Basis Data yang sesuai/cocok untuk STTI BENARIF. Mohon dalam urian atau diskripsi dijelaskan seluruh dasar atau kerangka berfikirnya. Penilaian terhadap soal ini adalah menilai kerangka berfikir anda dalam menerapkan seluruh kaidah ilmiah yang anda pelajari berkaitan dengan Manajemen Administrasi Basis Data.

Jawab :
I. Kasus
I.1 Karakteristik Bisnis
Program Magister Komputer “STTI BENARIF adalah program setingkat Master yang menyelenggarakan pendidikan   spesialisasi Komputer. Dalam masa belasan tahun,  berdiri sejak tahun 1992  hanya menyelenggarakan Tiga program studi yakni Software Enginering, Informasi Sistem Manajemen dan Jaringan, sebagai program magister Komputer yang pertamakali berdiri, program ini memiliki rata-rata 150 Mahasiswa per angkatan.

Sang Manajer “Pa Bobby Reza” tidak menyangka program ini diminati oleh khayalak masyarakat, sayangnya setelah saya masuk dan amati hampir proses  akademik dilakukan secara manual, misalnya proses registrasi mahasiswa baru yang masih manual, pengumuman kalender akademik / Training di tempel di dinding-dinding, proses pembayaran yang menggunakan kartu dan mencatat dengan excel, hasil nilai mahasiswa yang menunggu di input oleh staf administrasi “Pa Danu “ masih menggunakan MS Excel,

I.2 Sasaran Sistem Informasi Akademik
Berangkat dari alasan itu ,  membuat Sistem Informasi Akademik adalah mutlak, sasarannya adalah ter komputerisasinya seluruh database akademik mahasiswa, rancangan system informasi akademik berkomputer di rancang agar mampu mengefisienkan biaya kertas , mengurangi jumlah tenaga kerja yang terlibat, dan memampatkan jumlah ruangan yang dibutuhkan untuk penyimpanan hardcopy.

Menyangkut masalah proses registrasi mahasiswa, pemesanan transkrip, dan hal-hal yang terkait dengan proses akademik, proses dengan database berkomputer diharapkan mampu mereduksi waktu proses pemesanan transkrip, Mengingat jumlah mahasiswa yang banyak maka proses entri nilai juga mengkonsumsi waktu, dengan system dosen bisa langsung mengentri melalui terminal computer secara online di manapun berada.

1.3 Fungsi khusus Sistem Informasi Akademik
Sistem Informasi Akademik difungsikan secara khusus untuk mengolah data akademik mahasiswa secara cepat, tepat, akurat, disamping itu suatu tujuan yang tidak boleh dikesampingkan adalah efisiensi jumlah kertas yang digunakan untuk pencetakan, efisiensi tenaga kerja akademik yang terlibat, dan efisiensi ruangan penyimpanan hardcopy.

Kelanjutan dari fungsi tersebut adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa. Pelayanan kepada mahasiswa hendaknya cepat , karena mahasiswa di tingkat magister umumnya bekerja, dan tidak sabar menunggu antrian, kecepatan dalam pelayanan juga menunjukan kualitas Program magister Komputer yang bisa dimasukan ke dalam standar akreditasi baik nasional maupun International.

1.4    Kebijakan Akademik
Kebijakan mata kuliah, pengambilan mata kuliah, standar kelulusan di asumsikan sebagai berikut :
  1. Mata kuliah
1.1   Mata kuliah
1.2   Maksimal pengambilan mata kuliah per semester adalah 12 Sks
1.3   Nilai kelulusan Mata kuliah adalah B
1.4   Seluruh mata kuliah ditawarkan tanpa prasyarat
.
  1. Lulus
2.1   Mahasiswa dinyatakan lulus setelah menempuh
2.1.1          Total SKS 42 SKS
2.1.2          Thesis dengan minimal B
2.2  Indeks Prestasi Kelulusan
                  2.2.1      IP Komulatif lulus minimal 3.0.0

1.5    Rerangka Rancangan Proses
Rerangka rancangan perangkat lunak yang dibuat di strukturkan dengan dasar aktivitas dan laporan yang dikehendaki sebagai berikut :
  1. Input
1.1   Data Mahasiswa
1.2   Data Dosen
1.3   Data Mata Kuliah
1.4   Data Thesis
  1. Proses
2.1   Pengolahan Transkrip
2.2   Pengolahan KRS dan KHS

  1. Output
3.1   Transkrip Akademik per mahasiswa
3.2   KRS per semester
3.3   KHS per semester per mahasiswa
3.4   Laporan Nilai per dosen per Mata kuliah

2. Penyelesaian Kasus
Alur kerja system  untuk kasus  STTI BENARIF tersebut dapat di gambarkan sebagai berikut :
Mahasiswa masuk universitas tersebut dan terintegrasi sebagai mahasiswa. Terotorisasi masuknya sebagai mahasiswa setelah data mahasiswa tersebut masuk kedalam data kemahasiswaan. Akan tetapi dalam proses yang bersamaan, Universitas juga menawarkan mata – kuliah2 yang dapat diambil. Demikian juga universitas menyusun barisan dosen pengajar, setelah ketiga kondisi tersebut ada, mahasiswa bersangkutan berhak mengikuti kuliah atau mengambil mata kuliah.

2.1   Atribut Khusus

2.1.1 Patokan  No Mahasiswa
Dalam system Informasi Di “STMIK ERESHA” ini kita dituntut untuk menyajikan laporan yang berdasarkan per mahasiswa, yakni berwujud transkrip akademik, oleh karena itu diperlukanlah patokan tersebut dengan alas an yang lebih rinci bahwa transkrip akademik  berbasis per mahasiswa. Dengan demikian seluru proses yang terkait dengan pengambilan mata kuliah, dan pemberian nilai dari dosen tidak mungkin salah alamat atas dasar semuanya dikaitkan dengan No  Mahasiswa.

Implikasi didalam transformasi dan formulasi Database, kita harus mencipta patokan tersebut ysng digunakan untuk akses dan otorisasi pembuatan (pelaporan) di Transkrip Akademik, tandasnya, No Mahasiswa inilah yang digunakan sebagai navigator proses transkrip akademik per mahasiswa.

2.1.2 Patokan  No Mahasiswa dan Semester
Untuk menyajikan laporan yang berdasarkan per mahasiswa, per semester yakni berwujud KRS dan KHS , oleh karena itu diperlukanlah patokan tersebut dengan alasan yang lebih rinci bahwa KRS dan KHS berbasis per mahasiswa setiap semesternya. Dengan demikian kedua laporan diatas terkait dengan  dua patokan tersebut.

Implikasi didalam transformasi dan formulasi database, kita harus mencipta kedua patokan tersebut secara bersama-sama yang digunakan untuk akses dan otorisasi pembuatan(pelaporan) KRS dan KHS, yakni dengan meberikan patokan NO Mahasiswa dan semester yang berada di KRS, dan KHS, tandasnya  No Mahasiswa dan Semester inilah yang digunakan sebagai navigator proses KTS dan KHS per mahasiswa per semesternya.

2.1.3 Patokan  Kode Dosen dan Kode Mata Kuliah
Untuk menyajikan laporan yang berdasarkan per dosen , per Mata Kuliah yakni berwujud formulir Entri Nilai per Dosen per Matakuliah beserta llaporannya, oleh karena itu diperlukanlah patokan tersebut dengan alasan yang lebih rinci bahwa Formulir laporan tersebut berbasis per Dosen Per Matakuliah. Dengan formulir entri dan laporan diatas terkait dengan  dua patokan tersebut.

Implikasi didalam transformasi dan formulasi database, kita harus mencipta kedua patokan tersebut secara bersama-sama yang digunakan untuk akses dan otorisasi pembuatan formulir dan laporan tersebut, tandasnya kode dosen dan Kode Mata kuliah inilah yang digunakan sebagai navigator proses entri nilai dan laporan nilai per dosen per mata kuliah.

2.2   Pembakuan Proses Input
Untuk memenuhi tuntutan kebutuhan berbagai laporan, dirancang lima buah table untuk menampung informasi – informasi  yang diperlukan. Tabel – table tersebut diberi nama
  1. Tabel Mahasiswa untuk menampung No Mahasiswa, NamaMahasiswa, TempatTglLahir,Tanggal Masuk, Tanggal Lulus
  2. Tabel Dosen Pengajar untuk menampung kode dosen dan nama dosen
  3. Tabel Mata Kuliah untuk menampung Kode Matakuliah, NamaMatakuliah, Kredit, semester dan status.
  4. Tabel Pengambilan Mata Kuliah menampung NoMahasiswa, KodeDosen, Kode Mata Kuliah dan Nilai.
  5. Tabel Thesis menampung data no mahasiswa dan judul thesis.

2.3   Pemrosesan Transkrip, Kartu Rencana Studi, Kartu Hasil Studi, Nilai
Dari keempar tabel pertama, Tabel Mahasiswa, Tabel Mata Kuliah, Tabel Dosen Pengajar, Tabel Pengambilan Mata Kuliah digunakan sebagai dasar pembuatan Query Induk Proses.
Selanjutnya Query Induk Proses ini digunakan sebagai proses kelanjutan, khususnya untuk memanipulasi, melogika, dan memfilter yang dituangkan kedalam query-query pemrosesan lanjutan dan query-query untuk tujuan pelaporan.
·        Query derivate I : Meliputi Query Proses seluruh mahasiswa yang memanipulasi data dan mendefinisi data keseluruhan mahasiswa; Query Kartu Hasil Studi yang memfilter data keseluruhan mahasiswa hingga di peroleh data nilai mahasiswa tiap mahasiswa tiap semester; dan query Entry Nilai per Dosen per Mata Kuliahyang memfilter data keseluruhan mahasiswa menjadi tiap dosen tiap dosen tiap mata kuliah;
·        Query Derivat II : Meliputi Query proses Per Mahasiswa yang memfilter data keseluruhan mahasiswa hingga di peroleh data per mahasiswa; query kartu rencana studi setiap mahasiswa setiap semester;
·        Query Derivat III: Meliputi Query Thesis yang memfilter mata kuliah Thesis, mendefinisikan dan mengendalikan tampilan judul thesis.

Secara skematis, seluruh query tersebut di strukturkan sebagai berikut :


2.4 Penyajian Laporan
Penyajian laporan dilakukan dengan menampilkan sebagian atau seluruh informasi yang  telah diproses, dan di filter dalam query. Query yang tergolong Query untuk tujuan pelaporan” digunakan sebagaidasar menyusun laporan. Hasil laporan-laporan, dan query – query yang digunakan disajikan dalam gambar skema sebagai berikut :

3.1 Tabel Mahasiswa
No
Nama Field
Tipe Data
Size
1
No Mahasiswa
Text
10
2
Nama Mahasiswa
Text
100
3
Tempat Lahir
Text
50
4
Tanggal Lahir
Date/Time
Long Date
5
Tanggal Masuk
Date/Time
Long Date
6
Tanggal Lulus
Date/Time
Long Date

3.2 Tabel Mata Kuliah
No
Nama Field
Tipe Data
Size
1
Kode Mata Kuliah
Text
10
2
Nama Mata Kuliah
Text
100
3
Kredit
Number
 3
4
Semester
 Text
20
5
Status
Text
15

3.3 Tabel Thesis
No
Nama Field
Tipe Data
Size
1
No Mahasiswa
Text
10
2
Judul Thesis
Text
100

3.4 Tabel Pengambilan Mata Kuliah
No
Nama Field
Tipe Data
Size
1
Kode Mata Kuliah
Text
10
2
Kode Dosen
Text
10
3
No Mahasiswa
Text
10
4
Nilai
 Number
3

3.5 Tabel Dosen
No
Nama Field
Tipe Data
Size
1
Kode Dosen
Text
10
2
Nama Dosen
Text
100
4. Relasi 

  5. Selesai


Pengikut