Tujuan penyelenggaraan pendidikan diarahkan untuk
meyiapkan peserta didik yang memiliki kemampuan akademik serta disiapkan untuk
dapat memasuki jenjang yang lebih tinggi dengan pendekatan manajemen berbasis sekolah
yang ditunjang tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai. Adapun
sasarannya diutamakan untuk mensukseskan pendidikan dasar 9 tahun dengan
menyiapkan peserta didik yang beriman, sehat, cerdas,profesional dan produktif serta kompetitif dalam memasuki jenjang yang lebih tinggi. Untuk itu harus di tunjang tersedianya kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendidikan.
Khususnya pada bangunan-bangunan sekolah, dimana bangunan ini merupakan wadah untuk menampung kegiatan belajar mengajar yang memerlukan
tingkat keamanan relative tinggi. Oleh karena itu diperlukan adanya
inventarisasi untuk mengetahui kondisi dari masing-masing bangunan gedung sekolah yang ada apakah masih layak pakai atau memerlukan perbaikan.
Pemeliharaan bangunan adalah salah satu usaha mempertahankan kondisi bangunan agar bangunan tetap berfungsi dengan baik
sebagaimana mestinya atau dalam usaha meningkatkan wujud bangunan dan menjaga
terhadap pengaruh yang merusak serta upaya untuk menghindari kerusakan komponen
/ elemen bangunan akibat kerusakan/kelusuhan sebelum umumnya berakhir (
berdasarkan Kerangka Acuan Kerja ).
Mengingat permasalahan diatas, maka pemda disarankan
membuat suatu kegiatan Proyek Inventarisasi Bangunun Sekolah Dasar Negeri dan untuk
memudahkan kegiatan tersebut, da dibuatkan Database, sebagai acuan bagi Dinas
Pembangunan dan Pemukiman Pemda dalam rangka mengetahui sejauh mana kerusakan
yang terjadi pada bangunan-bangunan sekolah dasar Negeri yang berada dinaungannya.
Sebagai acuan untuk menyelesaikan kegiatan ini, maka
dibutuhkan beberapa literature yang antara lain sebagai berikut :
- Undang-undang
Republik Indonesia, nomor 28, tahun 2002, tentang Bangunan Gedung.
- Keputusan
Menteri Permukiman dan Prasaran Wilayah, Nomor : 24/KPTS/M/2003, Tanggal
23 Juni 2003, Tentang Pelaksanaan Inventarisasi Barang Milik/Kekayaan
Negara di lingkungan Departemen Permukiman dan Prasarana wilayah.
- Keputusan
Menteri Permukiman dan Prasarana Prasaran Wilayah, Nomor :
332/KPTS/M/2002, tentang Pedoman Teknis Pembangunan Bangunan Gedung
Negara.
- Pedoman mendirikan bangunan Gedung,
SKBI-1.3.53.1987, UDC : 39.002, Departemen Pekerjaan Umum.
- Pedoman Perencanaan Gedung Sekolah Menengah
Umum, SKBI-1.3.55.1987,UDC : 727.113, Departemen Pekerjaan Umum.
- Rencana Bangunan Sekolah Dasar Tahan Gempa,
Departemen Pekerjaan Umum, Dinas Cipta Karya.
- Manual Pemeliharaan Gedung Sekolah (Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah).
- Pembakuan Bangunan dan Perabot Sekolah Menengah Pertama(Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan lanjutan pertama).
II. PENGUMPULAN DATA DAN INFORMASI
Data dan informasi yang
diperlukan dalam pelaksanaan SIM Inventarisasi Bangunan Sekolah Dasar Negeri
(SIM IVENBAS) adalah melakukan survey lapangan untuk melihat kenyataan
dilapangan serta mengambil data berupa kuesioner dan wawancara serta foto
dokumentasi, disamping itu data juga diambil dari data sekunder
instansi-instansi terkait.
II.1 Survey Lapangan
Survey
lapangan adalah proses pengumpulan data yang dilakukan dengan kondisi bangunan
gedung sekolah yang ada di Pemerintahan
Daerah. Proses pengumpulan data ini dengan cara :
·
Pengisian data kuesioner dengan data
dari pejabat yang berwenang di sekolah yang disurvey.
·
Pengambilan foto kondisi fisik dan
bangunan sesuai yang ada pada lingkup pekerjaan yang di survey.
·
Penandaan lokasi masin-masing sekolah
yang di survey pada peta.
II.2 Studi Literatur
Studi
literatur dalam hal ini adalah studi/kajian yang dilakukan melalui data-data
yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan proses SIM IVENBAS ini.
II.3 Studi Peraturan dan
Perundang-undangan
Studi
peraturan dan perundang-undangan yang dimaksud disini adalah kajian atau study
yang dilakukan berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku dalam
proses pelaksanaan pekerjaan.
III. DESKRIPSI
SISTEM
Agar lebih jelas bagaimana pengolahan data pada SIVENBAS
ini, data yang diproses digambarkan
mulai dari Input Data Sekolah sampai disajikan dalam bentuk laporan-laporan.
Form –formnya yaitu
:
1. Profil Sekolah
2. Kondisi Bangunan
a. Bangunan
b. Ruang
c. Kondisi RUsak Berat
3. Kegiatan
a. usulan kegiatan
b. Indikasi Angsuran
4. Komponen Ruang
a. Arsitektur
b. Struktur
c. Infra Struktur
d. Mekanikal /Elektrikal
e. Keterangan /Catatan
5.
Photo
a. View 1
b. View 2
c. View 3
d. View 4
e. View 5
f. View 6
g. Gambar Lokasi
Secara Alur Data di gambarkan
sebagai berikut :
IV. MANUAL SIM INVENTARISASI BANGUNAN SEKOLAH DASAR NEGERI UNTUK PEMDAPenggunaan manual SIM IVENBAS dibahas pada posting berikutnya anda bisa klik pada tautan judul ini.
0 komentar:
Posting Komentar